Save 20% off! Join our newsletter and get 20% off right away!

Ketahui Jenis dan Tipe Layanan MSP di Indonesia

Jenis dan Tipe Layanan MSP (Managed Service Provider)

Tingginya ketergantungan pengelolaan bisnis pada teknologi layanan IT sekarang ini terbilang mampu memberikan pengaruh besar bagi kesuksesan usaha yang dijalankan. Dalam hal ini, layanan yang perlu digunakan dalam memudahkan mengelola infrastruktur IT yakni Managed Service Provider (MSP). Berbicara mengenai layanan MSP sendiri, Anda perlu tahu mengenai jenis dan tipe layanan yang ditawarkan di dalamnya. 

Jenis dan Tipe Layanan MSP (Managed Service Provider)

Jenis – jenis layanan MSP

Dalam memberikan kebutuhan layanan bagi klien, layanan MSP ini dapat dibedakan menjadi tiga jenis layanan diantaranya yakni sebagai berikut :

  • Lower-level, Pure-Play MSPs

Merupakan jenis MSP yang menawarkan jasa layanan dengan tingkat minimal dan fokus pada pemantauan jaringan dan performa aplikasi. 

  • Mid-level, Value-Added MSPs

Yakni layanan yang memberikan penawaran lebih luas tidak hanya pemantauan dan pelaporan saja, melainkan juga menawarkan proses backup-restore, patches dan lain sebagainya.

  • High-level, Outsourced MSPs

Jenis layanan MSP yang menawarkan one-stop-solution demi menunjang kebutuhan klien sehingga klien hanya fokus pada pengembangan bisnisnya.

Tipe – tipe layanan Managed Service Provider

Dari beberapa jenis layanan yang ditawarkan, layanan MSP ini juga menyediakan berbagai tipe yang perlu diketahui antara lain sebagai berikut :

  • Dapat melakukan manajemen jaringan dan infrastruktur 

Adanya virtualisasi yang diberikan mengenai gambaran pengoperasian sistem perangkat keras komputer dan perangkat lunak yang sedang berjalan, menjadikan tipe MSP ini mampu memudahkan pekerjaan para staf yang bekerja dalam mengunggah informasi serta memperbaharui tugas mereka dari mana saja.

  • Melakukan pemantauan jaringan, manajemen dan jaminan keamanan

Hal penting dari tipe MSP yakni terletak pada masalah keamanan. Dimana, sistem akan dikatakan lebih aman jika menggunakan serangkaian manajemen keamanan dan layanan pencegahan risiko yang digunakan. Pada layanan MSP ini nantinya akan terus memperbaharui software anti malware sehingga pemeliharaan akan dapat terjaga dengan baik.

  • Menyediakan solusi layanan komunikasi

Bagi pengguna yang menggunakan layanan ini maka nantinya akan memudahkan komunikasi yang terjadi di dalam perusahaan menjadi lebih sinkron dan fleksibel. Bahkan, di dalam layanan ini juga tersedia beragam paket pengelolaan yang bisa dipilih pengguna sesuai dengan keinginan dan kebutuhannya.

  • Mampu mengelola software 

Layanan MSP hadir dengan memberikan software-as-a-service yang dapat diakses tanpa ada batasan. Adapun software aplikasi ini umumnya dikembangkan dan dipelihara oleh pengembang IT untuk dapat menyelesaikan berbagai tugas – tugas yang diberikan. Sehingga, hal ini akan membuat Anda dan juga para staff merasa lebih nyaman dan aman.

  • Melakukan analisis, audit dan pelaporan

Tipe layanan MSP selanjutnya yakni dalam melakukan proses analisis, audit dan pelaporan demi membantu Anda dalam mengevaluasi kinerja jaringan di suatu perusahaan. Dengan adanya layanan ini, maka perusahaan nantinya bisa merencanakan tren yang lebih efektif dalam mengambil langkah proaktif demi tercapainya tujuan bisnis yang dijalankan.

Jadi, itulah beberapa jenis dan tipe layanan Managed Service Provider yang diberikan bagi pengguna untuk memudahkan dalam melakukan pengelolaan jaringan IT di dalam perusahaan.